Connect with us

Mitos Penciptaan Mantra Menangkap Ikan Terbang di Tanah Mandar

Ilustrasi / foto: pexels.com

Seni Budaya

Mitos Penciptaan Mantra Menangkap Ikan Terbang di Tanah Mandar

Nelayan Mandar mengibaratkan buaro (bubu) sebagai alat kelamin perempuan sedangkan ikan terbang dianggap sebagai seorang raja dan keterunan dewa langit.

Penciptaan mantra dalam menangkap ikan terbang (tui-tuing) diltarbelakangi oleh mitos yang berkembang di masyarakat Mandar tentang penjelmaan dari ikan terbang (tui-tuing)

Dahulu dalam masyarakat Mandar berkembang sebuah mitos yang menganggap ikan terbang (tui-tuing) sebagai penjelmaan dari Putri Lebah yang sakit hati kerena gagal dalam menjalin hubungan. Mitos ini utamanya berkembang dikalangan nelayan Mandar.

Bedasar pada mitos yang berkembang tersebut, kumudian dikalangan nelayan Mandar muncul sebuah kepercayaan akan penggunaan mantra dalam proses penangkapan ikan terbang. Mantra ini dibuat berdasarkan kisah sang Putri Lebah yang masih menyimpan dendam cinta atas kegagalannya dalam menjalin hubungan.

Berdasarkan kisah tersebut, nelayan masyarakat Mandar percaya bahwa ikan jelmaan Putri Lebah ini sangat haus akan seks. Sehingga nelayan masyarakat Mandar membuat mantra yang sangat syarat dengan kata-kata yang tidak senonoh dan kata-kata penyemangat kepada ikan terbang (tui-tuing) untuk melakukan hubungan seks.

Nelayan Mandar mengibaratkan buaro (bubu) sebagai alat kelamin perempuan sedangkan ikan terbang dianggap sebagai seorang raja dan keterunan dewa langit. Ini sangat tergambar jelas dalam mantra yang tertuang dalam bahasa Mandar ini, yaitu(1):

“Mai nasammo’o sirumung, dinimi tu’u ganrammu nitannang—Gasa’mi tama ganrang sossorammu daeng, Irappang bulu ipui butir, itomaressaq malolo.Liwu-liwu paradi’I tama, manurung! Talla-tallang batui naung….”


(1) Mandra, A. M.2012.Ditirakaqna Alang.Makassar:Kretakupa Print

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!