Connect with us

Tari Penyambutan dari Sulawesi

Penampilan Tari 4 Etnis pada acara EWAKO 2014 / Foto: UKSS ITB

Seni Budaya

Tari Penyambutan dari Sulawesi

Tari pattuqdu adalah tari penyambutan tamu kehormatan bagi Etnis Mandar. Tari ini pada awalnya dibawakan oleh gadis-gadis ayu sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan bagi tamu baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia: dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negeri tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi. Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya sendiri. Begitupun dengan Sulawesi. Selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, tari juga terkadang berfungsi sebagai sebuah sarana penyambutan untuk tamu-tamu kehormatan. Di Sulawesi, ada beberapa tarian penyambutan yang akan saya tulis pada kesempatan ini, yaitu:

Tari Pattuqdu (Mandar, Sulawesi Barat)

Tari pattuqdu adalah tari penyambutan tamu kehormatan bagi Etnis Mandar. Tari ini pada awalnya dibawakan oleh gadis-gadis ayu sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan bagi tamu baik dari dalam maupun dari luar negeri. Sekarang tari ini biasanya dibawakan oleh anak-anak. Tarian ini diiringi dengan tabuhan gendang dengan penari memainkan tombak dan perisai layaknya dalam peperangan, sehingga tidak heran jika tarian ini juga teradang disebut sebagai tarian perang. Menurut sejarah, tarian ini adalah tarian penyambutan pasukan perang yang baru datang dari pertempuran akibat huru-hara yang sisebabkan kerajaan Balanipa dan kerajaan Passokorang.

Tari Paduppa (Bugis, Makassar Sulawesi Selatan)

Tari paduppa merupakan tari tradisional Bugis Makassar yang ditujukan untuk memberikan sambutan kepada tamu kehormatan yang hadir dalam suatu acara. Tari paduppa adalah perwujudan cipta rasa dan karsa suku Bugis Makassar yang melambangkan penghormatan, keterbukaan terhadap perkembangn zaman akan tetapi tetap memelihara adat kesopanan sebagai suku Bugis Makassar. Tari Paddupa dibawakan oleh gadis-gadis cantik dengan iringan musik tradisional Bugis Makassar.

Tari Moduai (Tolili, Sulawesi Tengah)

Tari Moduai tari penyambutan tamu yg berkunjung ke kabupaten tolitoli. Pada zaman kerajaan dikabupaten tolitoli, tari ini sering di gunakan untuk menyambut para tamu-tamu kerajaan yang berkunjung ke tolitoli. Pada prosesi penyambutan tamu di dahului dengan tarian maragai atau cakalele (pencak silat) kemudian di sambut oleh salah seorang keluarga dari pihak kerajaan dengan menggunakan seutas kain yang di buat menyerupai tali yang di sebut dengan uda-uda, tali tersebut di berikan ketangan tamu tersebut lalu di bawah masuk ke ruangan dengan di sambut tari moduai. Tari ini diiringi dengan menggunakan alat musik Gendang atau gagandang, kulintang atau gulintang, Gong atau Pamandi.

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!