Connect with us

Bau Peapi: Makanan Khas Mandar, Sulawesi Barat

Bau peapi, masakan khas Mandar / Foto: Nunu

Kuliner

Bau Peapi: Makanan Khas Mandar, Sulawesi Barat

Baupiapi atau ikan masak salah satu makanan khas dari mandar yang pastinya bahan utamanya ikan, baik itu ikan tuna atau ikan cakalang dengan tambahan rempah-rempah seperti irisan bawang mandar/bawang merah, kunyit, cabai rawit, minyak mandar/ minyak kelapa.

Majene yang berada di 2’ 38’ 45” sampai dengan 3’ 38’ 15” Lintang Selatan dan 118’45’ 00” sampai 119’4’45” Bujur Timur (wikipedia.org) yang dimana sebagian besar dari suku mandar di kelilingi pegunungan dan lautan luas dengan hasil laut yang melimpah sehingga sebagian besar warga Majene mata pencahariannya nelayan.

Nelayan yang berangkat sore hari dengan perahu dan peralatan seadanya untuk menangkap ikan. Kembali pada pagi hari dengan hasil tangkapan ikan yang terkadang banyak sudah cukup untuk makan keluarga mereka.

Di pagi hari kalian akan melihat pemandangan di sepanjang tanggul beberapa awak kapal menyandarkan perahu mereka dengan membawa jala berisi ikan. Ikan yang masih segar dan pastinya ibu-ibu ramai tawar-menawar. Suasana seperti itu menjadi keseharian kami warga Majene.

Ikan hasil tangkapan laut yang menjadi menu santapan kami setiap hari di rumah, bosan?? Mungkin tidak . Karena ikan masak atau dalam bahasa Mandar baupiapi menjadi makanan favorit orang mandar.

Alat dan bahan pembuatan bau peapi / foto: Nunu

Baupiapi atau ikan masak salah satu makanan khas dari mandar yang pastinya bahan utamanya ikan, baik itu ikan tuna atau ikan cakalang dengan tambahan rempah-rempah seperti irisan bawang mandar/bawang merah, kunyit, cabai rawit, minyak mandar/ minyak kelapa. Minyak mandar disini berbeda dengan minyak kelapa yang dijual biasanya, bedanya minyak mandar masih asli dan wangi. Cara membuatnya juga simple hanya mencampurkan semua bahan dalam wadah yang orang mandar biasa gunakan yaitu kawali seperi wajan yang terbuat dari tanah liat dengan tambahan kunyit halus membuat kuah baupiapi menjadi kuning.

Baupiapi di sajikan dengan nasi putih bagi yang hobby makan pedas dapat ditambah cabai rawit, hmm yakin pedasnya ngena. Bagi teman-teman yang ingin traveling ke Sulawesi Barat ingat cicipi menu khas dari mandar ini. Dan masih banyak lagi menu makanan dari mandar yang tidak kalah enaknya, tunggu update berikutnya.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!