Connect with us

Ide Pemasaran Murah dengan Internet

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

Ide Pemasaran Murah dengan Internet

Media sosial, platform blog gratis, dan video seharing seperti YouTube dapat menjadi sarana pemasaran atau marketing yang murah dan efektif di era internet seperti sekarang ini.

Mempromosikan usaha saat ini memang tidak semahal dan sesusah dahulu. Berkat internet, informasi, termasuk berita dan konten promosi dapat menyebar dengan cepat. Tidak hanya terbatas pada lingkup lokal saja, tapi bisa sampai nasional, bahkan internasional. Lihat saja tren “om telolet om” yang kemudian mendunia karena internet.

Sekarang sudah ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan. Mulai dari yang gratis seperti blog dan media sosial, sampai yang berbayar. Mudahnya menggunakan media gratis seperti media sosial untuk melakukan promosi tidak hanya membawa kemudahan bagi pelaku usaha, tapi juga memberi tantangan baru bagi mereka untuk dapat membuat konten promosi yang menarik bagi calon pelanggan. Tentu saja hanya sekadar memasang status dengan tulisan, “Kami menjual baju dengan desain menarik” tidak akan menarik bagi calon pelanggan.

Pada tulisan ini saya akan sedikit memberi contoh beberapa ide marketing yang menarik yang bisa dilakukan melalui media online, seperti media sosial, blog, dan video sharing seperti Youtube.

Media Sosial

Jika calon pelanggan anda merupakan pengguna media sosial, maka memiliki akun media sosial untuk usaha Anda merupakan hal yang wajib. Tentu saja bukan hanya membuat media sosial, tapi aktif. Maksudnya, anda harus berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan anda di media sosial. Satu hal yang perlu diingat, jangan membuang-buang waktu membuat akun media sosial yang pelanggan atau calon pelanggan anda tidak gunakan.

Beberapa ide promosi yang menurut saya cukup menarik terkait promosi di media sosial diantaranya:

  • Membuat kontes untuk menambah follower di media sosial. Tentu saja dampaknya bukan hanya menambah follower kita di media sosial, tapi juga membuat semakin banyak orang sadar akan produk atau jasa yang kita tawarkan.
  • Berbagi infografik yang mendorong pelanggan atau calon pelanggan membeli produk/jasa yang kita tawarkan. Misalnya, infografik terkait kandungan gizi produk makanan yang kita tawarkan, infografik tentang keuntungan menggunakan produk kita, dan infografik-infografik lainnya. Kenapa infografi ini menurut saya menarik, karena dengan infografik, anda dapat berbagi fakta dan data dengan pelanggan anda dengan cara yang menarik dan tidak bertele-tele.
  • Membuat meme dan komik perkenalan

Blog

Anda pernah mencari sebuah produk atau jasa melalui mesin pencari seperti google? Saya sangat sering. Hal ini yang menurut saya membuat blog sama pentingnya dengan memiliki akun media sosial. Anda mungkin dapat berbagi foto dan saling berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan anda di media sosial, tapi jika kamu berteman dengan mereka. Bagaimana dengan orang yang tidak berteman dengan anda?

Ada banyak orang di luar sana yang melakukan pencarian di internet sebelum mereka membeli sesuatu. Jadi sangat penting untuk memiliki sebuah halaman website yang dapat diindeks oleh mesin pencari, dimana kamu dapat memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tidak harus website sendiri, layanan blog gratis saja cukup. Meskipun tentu ini akan mempengaruhi kredibilitas usahamu.

Beberapa hal yang kamu dapat lakukan di dengan blog atau pada laman website perusahaan adalah:

  • Membuat profil perusahaan. Semacam kartu nama online yang memudahkan calon pelanggan mengontak anda.
  • Membuat halaman perkenalan produk/jasa yang ditawarkan.
  • Membuat tutorial atau petunjuk penggunaan produk/jasa.
  • Membuat halaman kontak/forum yang memudahkan calon pelanggan atau pelanggan anda berinteraksi dengan anda.
  • Kontes review atau kontes blog dengan tema tertentu sesuai dengan tujuan kontes. Misalnya anda ingin produk anda semakin di kenal, anda dapat membuat kontes review produk anda.
  • Membuat blog atau jurnal perusahaan yang anda bisa gunakan untuk menceritakan di balik layar produk dan jasa yang anda tawarkan, berbagi pengalaman review dan pengalaman pelanggan, dan berbagi tips dan trik untuk pelanggan.

Video Sharing

Merekam video mungkin mudah, tapi membuat video yang menarik bagi sebagian besar orang tentu saja hal yang sulit. Terlepas dari sulit atau tidaknya, membuat video menurut saya merupakan cara yang paling efektif saat ini untuk memperkenalkan sebuah perusahaan, produk, atau jasa. Apalagi jika video tersebut dapat dibuat semenarik mungkin. Tidak cukup hanya video perkenalan, adanya video tutorial penggunaan produk atau jasa juga akan meningkatkan pengetahuan pelanggan dan calon pelanggan akan produk atau jasa yang dapat mendorong meningkatnya permintaan akan produk/jasa tersebut.

Beberapa ide terkait promosi melalui video diantaranya:

  • Video perkenalan perusahaan, produk, atau jasa. Anda dapat membuatnya sendiri atau meminta bantuan kepada yang sudah ahli, atau menyewa jasa pembuatan video yang sudah di luar sana.
  • Membuat video tutorial atau review. Anda dapat membuatnya sendiri atau mensponsori menyerahkannya pada yang sudah ahli, seperti YouTuber, yang tentu saja ada biayanya.
Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!