Connect with us

Sesekali Duduklah Bersama Orang Tua

Ilustrasi / foto: pexels.com

Keluarga

Sesekali Duduklah Bersama Orang Tua

Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan dengan duduk bersama orang tua. Namun yang terpenting, kita dapat belajar dari pengalaman mereka sekaligus menyenangkan mereka.

Kita yang masih muda ini sering disebut sebagai anak kemarin sore dan belum tau apa-apa sama orang tua. Ada benarnya juga kadang-kadang, tapi tetap kita kadang juga sakit hati karena perkataan seperti ini. Padahal kita ini sudah umur berapa, sudah sekolah sampai mana, dan bahkan lebih tau tentang teknologi yang ada saat ini di bandingkan mereka—orang tua.

Jangankan sekadar duduk bersama, diajak bicara pun kadang kita malas meladeni. Biasanya kalau bicara sama mereka, endingnya itu pasti wejangan panjang seperti ceramah. Kalau bukan itu, paling pengalamannya pas masih muda—yang sangat dibanggakannya.

Apa Untungnya Duduk dengan Orang Tua?

Tapi setelah dipikir-pikir, sebenarnya ada banyak untungnya bisa sesekali duduk bersama dengan orang tua. Orang tua yang saya maksud ini bukan cuma Ayah, Ibu, Kakek, dan Nenek kita. Tapi bisa saja Om, Tante, dan orang tua teman-teman kita.

Ilmu dan Pengalaman

Ada banyak untungnya bisa duduk dengan orang tua. Duduk disini maksudnya bukan sekadar duduk biasa, tapi cerita dan tanya-tanya. Keuntungan utama bisa cerita dengan orang tua itu yang pasti bisa dapat pelajaran dari pengalamannya. Bukankah belajar salah satu cara belajar yang baik adalah belajar dari pengalaman orang lain?

Rasanya bukan masalah kalau sesekali meminta pendapat kepada orang tua, terutama yang memang ahli di bidang tertentu, tentang permasalahan-permasalahan yang mungkin kita hadapi dalam keluarga, bisnis, atau karir kita. Kalaupun bukan ahlinya, setidaknya mereka akan memberikanmu sedikit pandangan dari sudut pandang yang berbeda. Bisa jadi didasarkan pada pengalamannya yang memang sudah lahir jauh sebelum kamu mengenal kata “dunia”.

Sedikit tips dari saya, jika ingin duduk bersama dengan orang tua. Usahakan aktif bertanya sesuatu yang ingin kamu ketahui. Karena biasanya kalau sudah tidak ada pembahasan dan pertanyaan, orang tua itu kecenderungannya cerita dan kasih ceramah singkat. Ya, meskipun tujuannya baik, tapi kalau ceramahnya, ceramah yang diulang, kan bosan juga.

Bantuan dan Koneksi

Tidak dipungkiri orang tua punya lebih banyak kenalan (koneksi) dibandingkan kita yang masih mudah. Nah, salah satu keuntungan sesekali duduk bersama, cerita, diskus, atau bertanya dengan orang tua adalah kadang-kadang niat awalnya hanya curhat masalah, justru malah dapat bantuan atau mungkin malah dikenalkan dengan orang lain yang bisa membantu.

Yang ini saya sering alami. Hanya minta pendapat dan cerita saya ingin membuat ini dan itu. Malah ditawarkan kontak dan temannya, dan pas dihubungi malah dapat bantuan. Lumayan juga buat menambah koneksi.

Menyenangkan Orang Tua

Keuntungan yang terakhir itu tentu saja kamu bisa menyenangkan orang tua. Dengan meminta pendapat kepada mereka, mereka akan merasa di hargai. Dan tentu saja bisa sekalian sebagai permintaan restu atau izin jika kamu ingin melakukan sesuatu. Misalnya saja, jika kamu ingin memulai usah, sebelum mulai ada baiknya minta pendapat ke orang tua. Meskipun kamu merasa mungkin lebih bisa masalah bisnis dari orang tua mu, anggap saja kamu sedang meminta restunya.

Tidak ada salahnya juga meminta pendapat dengan Om atau Tante, atau orang tua temanmu jika kamu ingin melakukan sesuatu, terutama jika orang tua tersebut memang ahli atau memiliki pengalaman terkait dengan bidang yang akan kamu tekuni.

Baca Selengkapnya
Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!