Connect with us

Apa itu Startup?

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

Apa itu Startup?

Startup tidak harus perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau digital.

Belakangan ini semakin banyak orang yang membahas startup, terutama mereka mahasiswa-mahasiswa yang terkena demam startup karena kebanyakan membaca kisah-kisah sukses para pendiri startup. Tetapi apa startup itu sebenarnya?

Ada banyak definisi tentang apa itu startup, termasuk banyak yang mengatakan bahwa startup itu adalah perusahaan yang baru, kecil, dan bergerak di bidang teknologi. Tetapi saya lebih setuju dengan definisi startup yang diungkapkan oleh Steve Blank. Ia mengatakan, “Startup adalah organisasi sementara yang mencari sebuah model bisnis yang dapat tumbuh, berulang, dan menguntungkan.

Dari definisi tersebut jelas bahwa startup tidak hanya dibatasi pada usaha-usaha yang bergerak di bidang teknologi saja, tidak juga dibatasi dari segi ukuran—dalam hal ini jumlah pegawai—perusahaan, dan tidak dibatasi oleh umur perusahaan tersebut. Kata kuncinya adalah “mencari model bisnis”, dengan kata lain startup adalah perusahaan atau organisasi yang sedang mencari produk, pasar, atau cara yang tepat untuk mendapatkan penghasilan bagi perusahaan.

Tugas utama dari perusahaan startup adalah mencari model bisnis—kombinasi dari produk, pasar, produksi, dan sumber pendapatan—yang tepat yang dapat tumbuh, berulang, dan menguntungkan bagi perusahaan.

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!