Connect with us

Kenapa Perusahaan Harus Mencari Untung?

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

Kenapa Perusahaan Harus Mencari Untung?

Jika perusahaan ingin memberi solusi atau bermanfaat seharusnya perusahaan mencari untung yang banyak, kemudian keuntungannya disumbangkan nantinya untuk kepentingan umum.

Membaca salah satu jawaban di Quora pagi ini mengingatkan saya pada pertanyaan, “Jika visi perusahaan itu untuk kebaikan orang banyak, lalu kenapa perusahaan tetap mencari untung—yang banyak? Kenapa mereka tidak membuat produk/jasa yang mereka tawarkan gratis atau paling tidak pelanggan hanya membayar biaya produksinya saja?”

Iya, kebanyakan visi perusahaan memang ingin memberikan sesuatu yang “positif” untuk masyarakat atau pelanggannya.  Dan kebanyakan mereka yang baru ingin memulai usaha—seperti jawaban Gordon Miller di Quora–selalu menggembar-gemborkan ide usaha atau bisnis mereka yang “katanya” akan menyelamatkan dunia, mensejahterakan rakyat, mengurangi kemiskinan, dan visi-visi lain yang mulia tanpa memikirkan bagaimana usaha atau bisnis mereka akan menghasilkan keuntungan.

Menurut Gordon Miller, jika perusahaan ingin memberi solusi atau bermanfaat seharusnya perusahaan mencari untung yang banyak, kemudian keuntungannya disumbangkan nantinya untuk kepentingan umum, dll. Yang pasti, meski perusahaan memiliki tujuan yang baik untuk lingkungan dan masyarakat, perusahaan tidak akan bisa memberi apa-apa untuk lingkungan dan masyarakat sesuai dengan tujuannya–yang mulia–jika sudah bangkrut.

Hal yang sama–saya masih ingat jelas–pernah disampaikan Kang Rendi Saputra di Sekolah Pengusaha Muda. Yang intinya, kenapa perusahaan harus mencari untung, supaya perusahaan dapat terus berkembang dan bisa terus memberikan manfaat untuk orang yang lebih banyak lagi. Selain itu, kalau perusahaan tidak cari untung, lalu bagaimana perusahaan akan bertahan?

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!