Connect with us

4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha

Sederhananya model bisnis adalah cara kita melakukan bisnis mulai dari apa yang kita tawarkan, kepada siapa, bagaimana cara membuat sampai mengirimkannya ke pelanggan, dan dari mana kita mendapatkan pemasukan.

Merencanakan segala sesuatu memang sangatlah penting, termasuk dalam merencanakan usaha yang akan kita kembangkan. Tetapi merencanakan sedetail apapun jika tidak dimulai tidak ada gunanya juga. Beberapa orang bahkan beranggapan, memulai usaha sambil belajar—dari usaha tersebut—akan memberikan pemahaman yang lebih baik dan mendorong usaha kita menuju kesuksesan, seperti yang dilakukan Luara Uhlir.

Jadi dapat dikatakan bahwa perencanaan itu penting untuk kesuksesan, tetapi perencanaan yang berlebihan terkadang justru menahan kita untuk memulai dan belajar kondisi yang sebenarnya. Pertanyaan selanjutnya, jadi sejauh mana perencanaan—yang dapat dikatakan baik—yang harus kita lakukan sebelum memulai usaha?

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Memulai Usaha

Secara garis besar ada empat hal yang perlu kita ketahui dan rencanakan baik-baik sebelum memulai usaha, yaitu:

  1. Apa yang akan kita tawarkan? Sederhananya ini adalah produk atau jasa. Dalam model bisnis, ini disebut sebagai nilai yang akan kita tawarkan kepada calon pelanggan kita.
  2. Untuk siapa produk/jasa tersebut ditawarkan? Segmen pasar yang akan kita sasar.
  3. Bagaimana cara kita membuat produk/jasa yang akan kita tawarkan? Hal ini mencakup mulai dari bagaimana kita mendapatkan bahan baku, memprosesnya, sampai pelanggan mendapatkan produk/jasa yang kita tawarkan.
  4. Dari mana kita mendapatkan pemasukan? Tentu saja penting mengetahui dari mana usaha kita mendapatkan pemasukan. Dengan mengetahui ini dan mengetahui biaya yang diperlukan didasarkan pada proses yang telah ditentukan sebelumnya, tentu kita sudah bisa memperkirakan menguntungkan atau tidaknya usaha ini dijalankan.

Sebagai informasi tambahan, empat hal di atas merupakan bagian dari model bisnis, bahkan dapat dikatakan mewakili semua elemen model bisnis canvas. Bahkan menurut empat hal di atas sangat mirip (kalau tidak ingin menyebutnya sama) dengan bagian-bagian dari Model Bisnis Navigator. Untuk lebih jelasnya baca Business Model Generation oleh Alexander Osterwalder  dan Yves Pigneur, serta  Business Model Navigator oleh Oliver Gassmann, dkk.

Kenapa Model Bisnis Penting?

Sederhananya model bisnis adalah cara kita melakukan bisnis mulai dari apa yang kita tawarkan, kepada siapa, bagaimana cara membuat sampai mengirimkannya ke pelanggan, dan dari mana kita mendapatkan pemasukan.

Jadi, jika kamu saja tidak tau apa yang haru kamu lakukan atau tidak tau bagaimana menjalankan bisnis atau usaha yang kamu jalankan, bagaimana kamu bisa memastikan itu akan berhasil? Itulah sebabnya, sangat penting sebelum memulai usaha kamu dapat menjawab empat hal di atas—yaitu apa yang kita tawarkan, untuk siapa kita membuatnya, bagaimana cara membuat dan menyampaikannya ke pelanggan, dan dari mana kita mendapatkan pemasukan?

Penting untuk diingat, semua yang diketahui dan direncanakan pada saat awal menentukan empat hal tersebut, hanya merupakan asumsi semata sampai kita mengujinya di lapangan. Jadi belum pasti, tugas kita selanjutnya menguji itu dengan turun ke lapangan. Misalnya saja, ada ingin layanan baru untuk mahasiswa, sampai kamu mengujinya, itu hanya asumsi bahwa mahasiswa ingin menggunakan layanan yang kamu tawarkan. Untuk lebih jelasnya baca tulisan saya tentang Customer Discovery dan Pengembangan Bisnis atau lebih bagusnya lagi baca The Startup Owner’s Manual oleh Steve Blank dan Bob Dorf.

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!