Connect with us

Apa Perbedaan Businessman dengan Entrepreneur?

Perbedaan businessman dengan Entrepreneur / foto: steemitimages.com

Wirausaha

Apa Perbedaan Businessman dengan Entrepreneur?

Businessman melakukan optimasi, Entrepreneur melakukan inovasi.

Beberapa orang mungkin yang menganggap businessman dan entrepreneur sebagai kata yang berdeda namun memiliki makna yang sama. Atau dengan kata lain, bagi beberapa orang, kata businessman dan entrepreneur itu sama artinya saja. Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit perbedaan antara businessman dan entrepreneur.

Businessman melakukan optimasi, Entrepreneur melakukan inovasi

Perbedaan businessman dengan Entrepreneur / foto: steemitimages.com

Perbedaan businessman dan entrepreneur sederhananya seperti pada gambar di atas, businessman fokus pada bagaimana memaksimalkan keuntungan sedangkan entrepreneur fokus bagaimana melakukan inovasi untuk mendapatkan keuntungan. Seperti pada gambar di atas, businessman hanya berpikir bagaimana meningkatan harga melon dari $1 menjadi $1.5 untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan entrepreneur mengubah (melakukan inovasi) pada $1 melon manjadi $5 jus melon untuk mendapatkan keuntungan.

Perbedaan pola pikir businessman dan entrepreneur

Menurut Peter Baskerville(1),  perbedaan utama antara businessman dan entrepreneur ada pada pola pikirnya. Dimana businessman dengan pola pikir bisnisnya dan entrepreneur dengan pola pikir entrepreneurialnya. Menurut Peter Baskerville sebagai orang yang telah menekuni dunia bisnis selama 30 tahun, untuk dapat membangun bisnis yang sukses secara finansial dibutuhkan kedua pola pikir ini–pola pikir bisnis dan entrepreneurial.

Perbedaan utama antara pola pikir bisnis dan entrepreneur adalah pola pikir bisnis fokus pada struktur internal perusahaan untuk menghasilkan keuntungan, sedangkan pola pikir entrepreneur fokus pada bagiaman perusahaan terlibat dengan lingkungan ekternal untuk menarik dan manjaga pelanggan.


(1) Quora.com, What is the different between a businessman and an entreprener? answered by Peter Baskerville

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!