Connect with us

Aturan 10/10/10 dalam Mengambil Keputusan

Ilustrasi / foto: pexels.com

Hidup

Aturan 10/10/10 dalam Mengambil Keputusan

Aturan 10/10/10 ini adalah bagaimana kita membuat keputusan dengan melihat dampak dari keputusan yang kita buat 10 menit, 10 bulan, dan 10 tahun dari sekarang.

Setiap harinya kita sering di hadapkan pada keadaan dimana kita harus mengambil sebuah keputusan. Mulai dari keputusan-keputusan kecil seperti baju apa yang akan kita gunakan hari ini, sampai pengambilan keputusan besar seperti keputusan-keputusan terkait bisnis, dan masih banyak lagi.

Hampir setiap waktu kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang mengharuskan kita untuk memilih dan membuat sebuah keputusan. Pengambilan keputusan ini kadang mudah dan kadang juga sangat sulit untuk di lakukan. Yang mudah mungkin kita tidak perlu banyak berpikir dalam mengambil keputusan tersebut, tapi yang sudah, kita tentu akan sangat berhati, dan mempertimbangkan banyak hal sehingga memutuskan hal seperti ini bisa jadi memakan waktu.

Aturan 10/10/10

Untuk memudahkan dan membantu kita dalam melakukan pengambilan keputusan, terutama yang sulit, ada sebuah pendekatan pengambilan keputusan yang menurut saya idenya sederhana dan mudah untuk diterapkan. Pendekatan ini dikenal sebagai aturan 10/10/10 atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan sebutan the 10/10/10 rule. Aturan 10/10/10 ini pertama kali diperkenalkan oleh Suzy Welch, seorang penulis bisnis.

Inti dari aturan 10/10/10 ini adalah bagaimana kita melihat keputusan yang akan kita buat pada tiga waktu yang berbeda, yaitu:

  • Bagaimana perasaan kita setelah 10 menit dari sekarang setelah memutuskan itu?
  • Bagaimana perasaan kita setelah 10 bulan dari sekarang?
  • Bagaimana perasaan kita setelah 10 tahun dari sekarang?

Dengan melihat pendekatan ini, kita tidak hanya melihat dampak keputusan kita saat kita mengambil keputusan, tapi juga melihat dampak dari keputusan tersebut 10 bulan kemudian, 10 tahun kemudian, bahkan lebih.

Anda bisa menggunakan pendekatan ini untuk mengambil keputusan-keputusan yang sulit, baik itu terkait hubungan pribadi anda, bisnis, dll. Anda bisa menggunakan pendekatan 10/10/10 ini misalkan saja dalam menentukan apakah kamu akan menerima lamaran seseorang atau tidak. Dengan melihat bagaiman perasaan kamu setelah 10 menit mengatakan “menerimanya”? bagiamana dengan 10 bulan setelanya? dan bagaimana dengan 10 tahun dari sekarang? apakah kamu akan menyesal menerimanya atau justru akan menyesal jika mengatakan tidak.

Kira-kira seperti itulah aturan 10/10/10 ini, semoga bermanfaat 🙂

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!