Connect with us

Ingin Menjadi Pengusaha? Ini Saran Jack Ma

Jack Ma / Foto: Asia Society

Wirausaha

Ingin Menjadi Pengusaha? Ini Saran Jack Ma

Menurut Jack Ma, jika kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus memulai persiapannya sedini mungkin. Jack Ma memberikan beberapa saran—kepada anak muda—untuk dapat sukses dalam mengembangkan usahanya mulai dengan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Salah satu orang yang saya kagumi dalam dunia bisnis adalah Jack Ma, orang pertama dari Cina daratan yang muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Ia juga menjadi menempati urutan ke-22 orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2015 (1). Tapi bukan itu yang saya kagumi, yang saya kagumi adalah bagaimana dia—dari seorang guru—bisa membangun Alibaba dari nol yang kini menjadi perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Menurut Jack Ma, jika kamu ingin menjadi pengusaha yang sukses, kamu harus memulai persiapannya sedini mungkin. Jack Ma memberikan beberapa saran—kepada anak muda—untuk dapat sukses dalam mengembangkan usahanya mulai dengan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Berikut apa yang harus kamu lakukan—jika kamu ingin menjadi pengusaha—pada umur tertentu—menurut Jack Ma.

Umur di bawah 20 tahun

Menurut Jack Ma jika kamu ingin menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri, pada umur di bawah 20 tahun, jadilah siswa yang baik. Maksud dari jadilah siswa yang baik ini adalah belajar dengan baik, terutama dalam bidang yang nantinya akan kamu tekuni dalam bisnis. Bukan cuma dalam bidang yang akan kamu tekuni saja, tapi juga beberapa skill yang nantinya akan dibutuhkan, seperti bahasa asing, skill komunikasi, presentasi, dan skill-skill lainnya yang sangat mungkin dibutuhkan nantinya di dunia kerja maupun bisnis.

Umur 20 – 30 tahun

Pada umur 20 – 30 tahun, menurut Jack Ma kamu harus ikut atau bekerja dengan orang lain. Menurutnya, sangat penting untuk awal karir kita mengikut kepada orang lain agar kita bisa belajar sebelum memulai usaha kita sendiri. Tapi, Jack Ma menegaskan, untuk dapat belajar dengan baik, bekerjalah pada perusahaan kecil, bukan perusahaan besar. Karena jika kamu bekerja pada perusahaan kecil kamu akan belajar bagaimana sistem bisnis itu bekerja, sedangkan jika kamu bekerja pada perusahaan yang sudah besar, kamu hanya akan menjadi baut dan sekrup disitu. Atau dengan kata lain kamu tidak akan belajar banyak hal.

Jika memang nantinya kamu ingin menjadi pengusaha, usahkan terlebih dahulu bekerja pada bidang yang sama atau mirip dengan bidang usaha yang nantinya akan kamu kembangkan. Sehingga, bekerja pada umur ini (20-30 tahun) benar-benar dijadikan sebagai waktu belajar.

Umur 30 – 40 tahun

Jika kamu ingin memiliki bisnis sendiri atau menjadi pengusaha. Umur 30 – 40 tahun merupakan waktu yang baik untuk memulai usaha mu sendiri. Kenapa pada umur ini, karena pada umur ini kamu sudah bisa dikatakan mengerti tentang seluk-beluk bisnis yang nantinya akan kamu bangun setelah belajar pada tahun-tahun sebelumnya. Dan yang pasti, umur ini merupakan umur yang maksimal untuk memulai, atau dengan kata lain sudah sangat terlambat jika tidak merintis dari rentang umur ini.

Perlu sayang ingatkan lagi, jika ingin memulai bisnis sendiri, buatlah bisnis yang sesuai dengan bidang bisnis yang selama 10 tahun belakangan (umur 20-30 tahun) kamu geluti. Jangan memulai usaha yang baru di bidang yang baru kamu geluti karena kamu akan kembali mulai dari awal lagi dan belajar lagi dari nol. Di umur 30 tahun ke atas, rasanya waktumu sudah tidaklah cukup untuk memulai mengembangkan usaha sendiri jika kamu harus belajar lagi dari nol lagi. Jadi sebaiknya kamu mengembangkan bisnis ayang sesuai dengan bidang yang telah kamu geluti sebelumnya.

Umur 40 – 50 tahun

Pada umur ini performa mu sangat mungkin sudah menurun, jadi Jack Ma menyarankan pada umur ini kamu mempekerjakan anak muda untuk membantu bisnis mu. Menurut Jack Ma, anak muda memiliki semangat yang tinggi dari orang yang berumur 40 tahun ke atas, memiliki pengetahuan-pengetahuan yang baru, dan lebih mengikuti tren dan perkembangan teknologi yang ada. Jadi penting bisa bekerja dengan anak muda demi kesuksesan bisnis yang telah kita bangun.

Umur 50 tahun ke atas

Umur lima puluh tahun ke atas, menurut Jack Ma, adalah waktunya menikmati hidup. Menikmati hasil jerih payah kita belajar dan membangun bisnis. Pada umur ini kamu mungkin sudah perlu melepas kendali bisnis anda—yang telah anda bangun—kepada orang lain.


(1) https://id.wikipedia.org/wiki/Jack_Ma

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!