Connect with us

Memulai Sambil Belajar Bisnis dengan Waralaba

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

Memulai Sambil Belajar Bisnis dengan Waralaba

Mungkin banyak di anatara kita yang ingin memulai bisnis atau usaha tapi masih terhenti pada tahapan mencari ide bisnis yang tepat. Belum tahu kira-kira bisnis apa yang akan di kembangkan, atau mungkin masih takut untuk memulai karena masih belum memiliki pengalaman. Memang jika dipikir-pikir memulai bisnis sendiri–dengan mengembangkan produk atau layanan baru–bagi yang belum memiliki pengalaman di dunia bisnis terdengar sangat berisiko. Sehingga kebanyakan orang hanya terhenti pada ide bisnis saja.

Memulai Bisnis dengan Waralaba

Salah satu solusi untuk memulai bisnis dari sekarang adalah dengan waralaba. Waralaba atau franchise adalah hak untuk menjual suatu produk atau jasa sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara pemilik waralaba dengan pembeli waralaba. Lebih jelasnya saya akan menjelaskan dengan mengambil contoh salah satu waralaba yang terkenal, yaitu Indomaret.

Sederhanya, pemilik modal atau kita yang ingin membeli waralaba indomaret harus membeli waralaba kepada pihak indomaret (pemilik waralaba). Pembelian waralaba indomaret ini sebenarnya adalah pembelian hak penggunaan nama indomaret dan hak-hak lain (yang ditetapkan oleh pemilik waralaba) oleh pemilik modal atau pembeli waralaba. Jadi hak-hak yang didapatkan oleh pembeli waralaba sangat tergantung dari penjajian pembelian waralaba yang telah disepakati anatara pemilik waralaba dan pembeli. Waralaba sendiri ada banyak jenisnya dan mulai dari usaha yang membutuhkan modal jutaan rupiah sampai yang milliaran rupiah.

Contoh waralaba yang paling banyak kita temui adalah waralaba retail seperti minimarket Indomaret, Alfamart, dll. Selain itu SPBU Pertamina juga merupakan contoh waralaba. Untuk waralaba-waralab seperti indomaret memang membutuhkan modal yang besar. Tapi tidak sedikit pula waralaba yang membutuhkan modal yang tidak terllalu besar atau dapat dibilang sedikit. Misalnya waralaba-waralaba jenis makanan dan minuman grobak, seperti ayam goreng, es pisang ijo, dll. Harga waralaba jenis seperti ini juga bertingkat-tingkat, mulai dari 5 jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Keuntungan Membeli Waralaba

Kuntungan membeli waralaba dibandingkan dengan memulai bisnis dengan mengembangkan produk atau jasa sendiri diantaranya, yang pertama risiko produk atau jasa tidak laku kecil, mengingat produk yang ada sudah teruji dan sudah di kenal oleh pasar. Sehingga kesuksesan usaha yang kita lakukan sangat tergantung pada bagaimana kita memilih waralaba.

Kedua, model bisnis dan manajemen sudah teruji sehingga bisa dibilang bisnis yang kita jalankan bukan lagi bisnis coba-coba tapi sudah teruji baik model bisnis dan manajemennya.

Ketiga, kita akan memperoleh dukungan logistik, peralatan, dan pelatihan yang didapatkan dari pemilik waralaba. Ini sangat bergantung pada jenis dan penjajian pembelian waralaba yang dilakukan.

Kempat, kita dapat memulai bisnis sambil belajar. Tarutama belajar bagaimana mengelola sebuah bisnis, pegawai, mengontrol persediaan barang, dan lain sebagainya.

Kelima, pilihan bisnis yang dapat dipilih banyak dan dapat disesuaikan dengan modal yang ada. Mulai dari usaha bisnis yang hanya membutuhkan modal belasan juta sampai ratusan hingga miliaran rupiah. Beberapa bentuk bisnis waralaba yang banyak kita jumpai diantaranya yaitu bisnis minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart, SPBU Pertamina, dan lain sebagainya.


Catatan: Dalam memilih waralaba, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kesuksesan memulai binsis dengan membeli waralaba sangat bergantung pada waralaba apa yang kita beli dan bagaimana kita memilihnya.

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!