Connect with us

Tips Mencari Ide Bisnis dengan Meniru

Ilustrasi / foto: pexels.com

Wirausaha

Tips Mencari Ide Bisnis dengan Meniru

Kita harus meniru dari ide atau model bisnis yang telah terbukti berhasil dan menerapkannya di pasar atau industri yang berbeda dengan perusahaan yang kita tiru.

Ide tentu saja bisa datang kapan saja dan dimana saja, termasuk ide bisnis. Tapi bagaimana jika kita butuh ide bisnis sekarang? Gampang, tinggal cari idenya. Caranya? Tentu saja ada banyak cara mencari ide, bisa dengan diskusi, brainstorming, dll.

Hari ini saya akan membahas salah satu cara mencari atau mengembangkan ide bisnis yang menurut saya cukup mudah dan idenya sudah terbukti berhasil. Caranya sesuai dengan judul artikel ini yaitu dengan cara menyontek. Jangan memaknai kata “menyontek” disini sebagai sesuatu yang negatif, karena menyontek yang sama maksud bukan semata-mata menyontek begitu saja, tapi menyontek sekaligus memodifikasinya. Sehingga apa yang kita tiru dari orang lain tetap legal untuk kita jalankan.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengembangkan ide bisnis dengan cara meniru dan memodifikasi ide orang atau perusahaan lain, terlebih dahulu saya ingin memberikan beberapa contoh bisnis yang menurut saya sukses dengan cara seperti ini.

Cina atau sekarang Tiongkok merupakan negara yang paling banyak menerapkan pendekatan seperti ini, mereka banyak mengembangkan perusahaan yang produk atau layanannya mirip dengan produk atau layanan yang sudah ada dan sukses di Barat, dalam hal ini di Amerika dan Eropa. Contohnya yaitu Alibaba yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok dapat dikatakan meniru bisnis Amazon yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Dengan kata lain, banyak perusahaan di Tiongkok yang menerapkan model bisnis yang telah sukses di luar negeri dan kemudian di terapkan di Tiongkok, tentu saja dengan keunggulan mereka lebih menguasai budaya dan bahasa setempat.

Di Indonesia, Gojek dapat dikatakan sebagai modifikasi model bisnis ride-sharing yang sudah sukses di luar negeri sebelumnya, seperti uber. Modifikasi yang mereka lakukan jelas disesuaikan dengan budaya dan kondisi di Indonesia yang banyak menggunakan ojek.

Cara Mengembangkan Ide Bisnis dengan Meniru

Meniru ide bisnis tentu saja bisa dari perusahaan apapun. Tapi menurut saya, satu hal kunci yang harus diperhatikan dalam mengembangkan ide bisnis dengan teknik tiru dan modifikasi ini adalah kita harus meniru dari ide atau model bisnis yang telah terbukti berhasil dan menerapkannya di pasar atau industri yang berbeda dengan perusahaan yang kita tiru.

Maksudnya adalah…

  1. Sebelum kita meniru dari bisnis orang atau perusahaan lain, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa ide bisnis mereka memang terbukti berhasil, dan kita harus tetap belajar apa yang membuat mereka berhasil dan apa yang mungkin membuat bisnisnya gagal.
  2. Meniru dan menerapkannya pada pasar yang lain contohnya adalah meniru perusahaan yang ada di Amerika dan kemudian menerapkannya di Indonesia. Tentu saja dengan modifikasi sesuai dengan pasar di Indonesia.
  3. Meniru dan menerapkannya pada industri lain maksudnya adalah meniru bisnis yang sudah berhasil di sebuah industri dan menerapkannya di jenis industri yang lain. Contohnya yaitu digitalisasi bisnis berita yang kemudiaan diterapkan pada bisnis penerbitan buku yang kemudian melahirkan ebook.

Satu hal yang harus selalu diingat dalam teknik ini yaitu setiap daerah atau wilayah punya budaya atau kebiasaan yang berbeda-beda pula. Jadi menerapkan ide atau model bisnis begitu saja tanpa ada modifikasi atau penyesuaian dengan pasar yang akan disasar tentu akan sulit.

Aswad Mansur

Peternak dan pelajar. Paling semangat bicara bisnis (teori), praktek nol. Tertarik dengan pengembangan bisnis dan model bisnis.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

To Top
error: Konten tidak dapat dicopy!!