Connect with us

Siapa Bilang IPK Bukan Penentu Nasib?

Ilustrasi / foto: pexels.com

Pendidikan

Siapa Bilang IPK Bukan Penentu Nasib?

Mahasiswa dengan IPK kurang dari 3,0 mejadi pengusaha bisa jadi karena cita-citanya memang menjadi pengusaha atau memang karena karena tidak bisa jadi pengawai.

Saya jujur saja tidak setuju dengan mereka yang mengatakan bahwa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) bukanlah penentu nasib. Karena dari pengalaman saya dan teman-teman saya alami, justru membuktikan bahwa IPK itu sebenarnya adalah penentu nasib kamu dimasa depan.

Saya justru khawatir, orang-orang yang mengatakan IPK bukanlah penentu nasib mengatakan hal demikian bukan karena mereka memang merasa IPK bukanlah penentu, tapi karena memang IPKnya rendah dan mencari pembenaran dengan mengatakan IPK bukanlah segalanya, bukan penentu nasih, ataupun bukan penentu masa depan.

Terlepas dari alasan orang mengatakan IPK bukanlah penentu nasib, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, saya tidak setuju dengan pendapat ini. Menurut saya IPK justru penentu nasib bagi mahasiswa. Kenapa? Berikut ini alasan saya:

Misalnya saja, ada mahasiswa, sebut saja A, B, C, dan D dengan IPK dan harapan masing-masing seperti pada tabel berikut.

Mahasiswa IPK Harapan
A > 3,0 Bekerja di perusahaan swasta, BUMN, dan sejenisnya.
B > 3,0 Menjadi pengusaha
C < 3,0 Bekerja di perusahaan swasta, BUMN, dan sejenisnya.
D < 3,0 Menjadi pengusaha

Asumsi: semua mahasiswa dari Universitas negeri terkenal, jadi kalau mendaftar di perusahaan swasta kemungkinan besar akan diterima.

Jika A kemudian lulus dan mendaftar pada sebuah perusahaan, kemungkinan besar ia akan diterima. Dengan kata lain, A dengan IPK lebih dari 3,0 menjadi pegawai.

Jika B kemudian lulus, dan ingin memulai usaha sendiri, B kemudian berpikir untuk mendapatkan modal usaha awal. Karena belum punya uang, akhirnya B memutuskan untuk melamar dan bekerja pasa sebuah perusahaan seperti mahasiswa A. Hal ini juga sesuai dengan saran orang tuanya, untuk tidak mengambil resiko dulu dengan memulai usaha sendiri apa lagi belum ada modal. Lebih baik (kata orang tuanya) cari modal dulu dengan bekerja pada orang lain sekaligus mencari pengalaman. Dengan kata lain, B dengan IPK lebih dari 3,0 yang ingin menjadi pengusaha akhirnya menjadi pegawai.

Sedangkan jika C lulus dan mendaftar pada sebuah perusahaan, C sangat mungkin tidak diterima, mengingat IPK mahasiswa C tidak memenuhi minimum persyaratan IPK yang telah ditetapkan perusahaan. Akhirnya, tidak punya pilihan lain selain berusaha sendiri. Dengan kata lain C dengan IPK di bawah 3,0 yang awalnya ingin menjadi pegawai akhirnya memaksa diri menjadi pengusaha.

Berbeda dengan B, jika D lulus, ia akan memulai usaha sendiri sesuai harapan. Meskipun tidak punya pengalaman dan modal, ia akan berusaha keras untuk memulai usahanya, karena jikapun ia memutuska untuk berkeja dulu pada orang lain untuk mencari modal dan pengalaman seperti B, kemungkinan besar ia akan ditolak. Dengan kata lain, D dengan IPK kurang dari 3,0 yang bercita-cita jadi pengusaha tetap menjadi pengusaha.

Kesimpulan secara singkat dapat dilihat pada tabel berikut:

Mahasiswa IPK Harapan Yang Terjadi
A > 3,0 Pegawai Pegawai
B > 3,0 Pengusaha Pegawai
C < 3,0 Pegawai Pengusaha
D < 3,0 Pengusaha Pengusaha

Dari tabel kesimpulan di atas, jelas mahasiswa dengan IPK lebih dari 3,0 menjadi pegawai meskipun sebelumnya bercita-cita menjadi pengusaha, karena memang mereka bisa jadi pegawai. Sedangkan mahasiswa dengan IPK kurang dari 3,0 mejadi pengusaha bisa jadi karena cita-citanya memang menjadi pengusaha atau memang karena karena tidak bisa jadi pengawai. hehehe  😎

Jadi masih mau bilang IPK tidak menentukan nasib?

Kesimpulah tambahan dari saya, jika anda ingin jadi pegawai–baik untuk swasta maupun negeri, dari awal anda harus berjuang memenuhi persyaratan minimum IPK. Terus, jika kamu mau jadi pengusaha, usahakan IPK kamu di bawah 2,75, biar pas lulus kamu tidak punya pilihan lain selain jadi pengusaha seperti harapanmu. Hehehe 😀 *Tidak usaha percaya dengan tulisan ini.

Baca Selengkapnya
Artikel Terkait
1 Comment

1 Comment

  1. Wahyu

    15 Jul 2018 at 1:19 am

    Siap jenderal

Tinggalkan Balasan

Trending

Event Sulbar

There are no upcoming events at this time.

Iklan Potol.net
To Top