Connect with us

Harga Barang Ganjil, Kenapa?

Ilustrasi / Foto: www.boundless.com

Marekting

Harga Barang Ganjil, Kenapa?

Ada mungkin pernah bertanya kenapa harga barang yang ada di toko-toko modern seperti minimarket dan mall selalu ganjil? Seperti Rp9.987.- atau Rp9.999,-

Karena penasaran, saya melakukan sedikit wawancara dan mencari jawabannya di internet. Berikut ini alasan kenapa toko-toko modern memberlakukan harga ganjil.

Persepsi konsumen

Alasan pertama kebanyakan toko modern dalam memberi harga ganjil pada produknya adalah untuk mempengaruhi persepsi pelanggan atau pembeli. Dengan kata lain:

  • Harga Rp9.879,- menurut pembeli jauh lebih murah dari Rp10.000,-.

Mungkin Anda akan bilang bahwa harga ini tidaklah jauh berbeda, hanya selisih kurang dari 200 rupiah. Tapi percaya atau tidak, menurut artikel yang saya baca, pembeli atau konsumen tidak suka hal yang ribet, sehingga mereka akan cenderung melihat angka depannya saja. sehingga konsumen atau pembeli seolah melihat harga seperti berikut:

  • Harga Rp9.879,- akan disederhanakan menjadi 9rb, dan
  • Harga Rp10.000,- akan disederhankan menjadi 10rb.

Sehingga sekarang perbedaan nilainya bukan lagi kurang dari 200 rupiah tapi Rp1.000,-.

Orang malas berpikir

Alasan kedua kenapa harga produk pada toko modern sering ganjil adalah untuk memanfaatkan sifat dasar manusia yang malas berpikir atau dengan kata lain tidak mau repot.

Coba banyangkan, jika semua harga barang genap dan Anda memiliki badget belanja sebesar Rp50.000,-. Anda akan lebih mudah membantasi diri Anda dalam berbelanja. Hal ini disebabkan Anda akan lebih mudah menghitung belanjaan Anda, seperti:

  • Barang A Rp26rb
  • Barang B Rp10rb
  • Barang C Rp5rb
  • Barang D Rp8rb
  • Total  Rp 49 rb

Tapi jika harga barang ganjil, seperti Rp25.789,- ; Rp9.459,- ; dan Rp37.899.-, Saya yakin Anda akan malas menghitungnya dengan baik saat balanja di toko.

Jadi dengan harga yang ganjil, Anda diharapkan tidak fokus pada total harga barang yang telah kamu beli. Sehingga sangat mungkin Anda belanja lebih dari badget yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Baca Selengkapnya
Artikel Terkait
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Trending

Event Sulbar

There are no upcoming events at this time.

Iklan Potol.net
To Top