Connect with us

Ini Cara Pengecer Beli BBM

Antrian kendaraan roda empat di SPBU Pertamina Luatang, Majene / Foto: Aswad

Majene

Ini Cara Pengecer Beli BBM

Beli BBM mulai dari kerja sama dengan petugas SPBU sampai ajak keluarga beli BBM.

Seperti tak bosan, antrian panjang kendaraan yang akan mengisi bahan bakar minyak (BBM) masih sering terlihat di dua SPBU di Majene–SPBU Pertamina Rangas dan Lutang. Antrian kendaraan terutama roda empat seperti menjadi pemandangan sehari-hari, seperti yang terlihat  Sabtu (15/12) pagi di SPBU Pertamina Rangas dan Lutang, antrian roda empat terutama angkot terlihat memanjang mulai dari dalam SPBU sampai ke sisi jalan di luar SPBU.

Yang aneh, meski antrian kendaraan mengular sampai ke sisi-sisi jalan di luar SPBU, deretan botol berisi BBM jenis premium dan pertalite terpajang dengan rapi di rak-rak pengecer di samping dan seberang SPBU. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, bagaimana pengecer dapat membeli BBM dalam jumlah banyak?

Setelah melakukan riset kecil-kecilan dengan beberapa pengecer, akhirnya terjawab sudah bagaimana cara pengecer membeli BBM. Berikut ini beberapa cara pengecer membeli BBM dalam jumlah banyak di SPBU.

Titip Jerigen pada Petugas SPBU

Cara pertama yang menurut pengecer paling ampuh membeli BBM dalam jumlah banyak adalah dengan cara kerja sama dengan petugas SPBU. “Paling enak kalau ada saudara atau kenalan petugas SPBU, tinggal titip jerigen di SPBU, nanti kalau sudah di isi tinggal jemput.” Kata Ilham (nama samaran), salah satu pengecer BBM di Majene.

Biasanya jika stok BBM masih ada dan keadaan sedang sepi, petugas SPBU akan menelpon pengecer atau sebaliknya, menanyakan bahwa stok BBM jenis premium atau pertalite sedang ada. Jika pengecer mengiyakan, maka jerigen yang dititipkan sebelumnya akan diisi oleh petugas kemudian pengecer datang mengambilnya.

Beli di Waktu Sepi

Cara lain yang sering digunakan pengecer saat ingin membeli BBM dalam jumlah banyak adalah dengan membelinya saat SPBU sedang sepi, seperti pada saat larut malam dan waktu subuh. Sayangnya, cara ini hanya berlaku jika kita punya kenalan  di SPBU atau minimal cukup percaya diri untuk membeli dalam jumlah banyak.

Biasanya, pengecer besar seperti pengelola Pertamini membeli pada jam-jam seperti ini dengan membawa jerigen dalam jumlah banyak dengan menggunakan mobil bak (pick-up).k Sayang, cara ini kurang manjur disaat BBM langkah, karena stok BBM di SPBU pada jam-jam sepi telah kosong.

Beli 5 Liter tetapi Banyak Orang

Disaat BBM langkah dan SPBU sering antri, pengecer tidak dapat terang-terangan membeli BBM dalam jumlah banyak. Umumnya SPBU membatasi pembelian maksimal 5 liter per orang.  Aturan maksimal 5 liter per orang ini kemudian dimanfaatkan oleh pengecer dengan membawa pembeli fiktif.

Jadi, jika pengecer ini membeli 50 liter BBM, pengecer cukup membawa 10 orang untuk membeli masing-masing 5 liter BBM. Cara seperti ini cukup ampuh saat BBM langkah.

Itulah beberapa cara yang menurut pengecer cukup efektif untuk membeli BBM dalam jumlah banyak di SPBU. Jika pembaca mengetahui beberapa cara lain, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Trending

Event Sulbar

There are no upcoming events at this time.

Iklan Potol.net
To Top