Connect with us

Kuliah di Unsulbar Wajib Punya Motor

Kampus UNSULBAR Paraparang / Foto: Aswad

Pendidikan

Kuliah di Unsulbar Wajib Punya Motor

“Kuliah di Unsulbar (Universitas Sulawesi Barat) mahasiswa wajib punya motor.”

Begitulah kalimat yang sering saya ucapkan kepada keluarga terkait Unsulbar. Bagaimana tidak, menjadi mahasiswa di Unsulbar memang tidaklah mudah, terutama bagi mereka mahasiswa Fakultas Teknik dan mahasiswa lainnya yang melakukan perkuliahan di Paraparang. Selain jauh dan jalannya yang rusak, juga tidak ada kendaraan umum dari dan menuju kampus Unsulbar Paraparang. Dengan kondisi seperti ini, tentu jika ingin ke kampus pilihannya hanya ada dua, jalan kaki atau naik motor–entah dengan motor sendiri atau mungkin nebeng¬†dengan teman kampus.

Perjuangan manjadi mahasiswa Unsulbar bagi mereka yang harus jalan kaki tidaklah muda. Dari pengamatan saya yang belakangan ini sering ke Unsulbar kampus Paraparang, kebanyakan mereka yang jalan kaki ke kampus ini adalah mahasiswi. Selain harus terbiasa dengan teriknya matahari saat berjalan kaki, mereka harus rela sepatu-sepatu mereka rusak dengan cepat karena menapaki jalan mendaki dan berbatu.

Memiliki motor sendiri bukan seutuhnya kabar baik. Jalan yang rusak dan mendaki ke kampus ini menjadi tantangan sendiri terutama mereka yang perempuan. Tidak jarang ada kecelekaan kecil di jalan-jalan mendaki menuju kampus. Bahkan seorang pegawai Tata Usaha sempat berkata kepada saya, “Jika hamil muda, saya sarankan tidak usah ke kampus. Takutnya keguguran karena kondisi jalan yang rusak parah.” Katanya sedikit ketawa. Bukan hanya itu, jika hujan turun tanah yang tadinya berdebu berubah manjadi lautan lumpur yang tidak bersahabat dengan motor.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Trending

Event Sulbar

There are no upcoming events at this time.

Iklan Potol.net
To Top