Connect with us

Tips Memilih Kost atau Kontarakan

Ilustrasi / Foto: pexel.com

Pendidikan

Tips Memilih Kost atau Kontarakan

Buat teman-teman serantau pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kos-kosan atau kontrakan. Buat yang baru berencana kuliah atau kerja jauh dari rumah pasti sudah pernah mendengar istilah ini juga. Sekedar informasi saja, kos-kosan (kost) atau kontrakan pada dasarnya sama saja,—yaitu tempat tinggal sementara sewa—cuma terkadang orang-orang membedakannya. Biasanya orang akan menyebut kos-kosan sebagai kamar yang disewa (baik itu terpisah dari rumah utama-rumah (rumah Ibu Kos) maupun tidak), sedangkan untuk kontrakan orang biasanya merujuk pada rumah yang disewa.

Nah, buat yang berencana menyewa rumah atau kosan, berikut kami berikan tip-tipsnya:

1. Harga

Harga atau sewa bias dikatakan hal yang paling menentukan dalam memilih kos atau kontrakan. Disini teman-teman serantau butuh menetapkan budget yaitu batasan sewa maksimal yang kita mampu. Setelah tau budget kita berapa, saatnya mengumpulkan informasi tentang kos atau kontrakan dengan besar sewa sesuai degan budget yang telah kita tentukan. Sekedar informasi saja, rata-rata kos maupun kontakan menetapkan sewa dan minimum waktu kotrak selama satu tahun, tapi ada juga yang perbulan.

2. Ukuran dan Fasilitas

Setelah punya beberapa list kos atau kontrakan yang dapat dipilih berdasarkan budget, kini saatnya mulai melakukan perbandingan. Perbandingan pertama yaitu ukuran dan fasilitas kos atau kontrakan. Apakah ukurannya sudah sesuai dengan yang kita butuhkan. Terus, apakah fasilitasnya seperti kamar mandi dalam, internet sudah tersedia. Jika fasilitas kamar mandinya di luar, pastikan jumlah kamar mandinya mencukupi untuk seluruh pengguna kosan. Kalau tidak, kejadian yang namanya antri ke kamar mandi akan terjadi dan itu sangat sangat tidak mengenakkan. Pastikan juga—dengan tanya-tanya kepada pengguna kosan sebelumnya—apakah air dikosan atau kontrakan lancar. Soal air ini sudah sangat sering terjadi, jadi ada baiknya kita teliti tentang hal ini.

3. Jarak

Selanjutnya adalah pertimbangan jarak, ini utamanya berlaku bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Jikapun harus jauh dari tempat kuliah atau kerja, pastikan kosan atau kontrakan yang kamu sewa dekat dengan akses jalur kendaraan umum. Spesial buat yang punya kendaraan sendiri seperti motor. Pastikan kosan atau kontrakan yang akan anda sewa memiliki tempat parker yang cukup untuk memarkir kendaraan anda secara aman.

4. Lingkungan (harus kondusip)

Lingkungan juga nantinya sangat berpengaruh ketika kita ngekos atau ngontrak rumah. Jadi pastikan lingkungan anda mendukung atau sesuai kebutuhan. Spesial untuk mahasiswa, usahakan mencari lingkungan yang kondusif untuk belajar atau dengan kata lain lingkungan yang aman dan tidak rebut pada jam-jam tertentu.

5. Kesehatan

Menjaga kesehatan itu hal yang wajib hukumnya. Jadi dalam memilih kos atau kontrakan pastikan juga mempertimbangkan aspek-aspek kesehatan. Misalnya saja kelembaban kamar, apakah kamar cukup mendapatkan cahaya matahari dan akses udara (pentilasi). Berdasarkan cerita beberapa teman, biasanya kota yang terkenal dingin seperti Bandung dan Malang bermasalah dengan kelembaban. Karena kelembaban ruangan atau kamar ini pakaian akan cepat berjamur dan sangat mungkin kita mudah terkena penyakit karena lingkungan seperti ini.

6. Ibu Kos

Nah, yang terakhir. Bagi yang kosnya berada pada satu rumah atau lingkungan dengan Ibu Kos atau Ibu Asuhnya, pastikan Ibu Kosnya baik. Biar hidup di kosnya nanti tenang dan sering dapat bantuan (gratis makan, kadang-kadang) dari si Ibu Kos. Cara tahu baik atau tidak, tinggal Tanya sema pengguna kos yang sudah lama tinggal di kos tersebut.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Trending

Event Sulbar

There are no upcoming events at this time.

Iklan Potol.net
To Top